Koleksi Pantai

Posted: Januari 6, 2017 in Uncategorized

Banyak pemandangan indah di Indonesia, tapi entah kenapa aku paling sreg dengan pantai-pantainya. Jangan dikira itu karena aku senang berenang di pantai atau snorkling atau diving. Boro-boro snorkling, berenang di pantai aja gak berani. Padahal secara nenek moyang harusnya aku ini anak pantai lho… tapi yang gak pernah diceburin ke laut šŸ˜‘.

Beruntungnya aku punya banyak kesempatan mampir nonton pantai karena pekerjaanku yang kaya tukang pos keliling. Banyak yang bisa diabadikan dengan kamera, tapi banyak juga yang cuma disimpan dalam memori di kepala mengingat pantai-pantai tersebut cuma dilewati dalam perjalanan somewhere. Kenapa ngga berhenti dan mengabadikan? Biasanya pantai-pantai yang terlihat indah dari jalan raya adalah pantai yang berada di bawah tebing tinggi yang dilewati jalan sempit, berarti susah mencari lokasi untuk berhenti sehingga tidak mengganggu lalu lintas. Akibatnya cuma bisa dilewati doang dengan doa suatu kali bisa mampir kesana.

Pantai-pantai yang sejajar jalan raya selalu ketutupan jejeran rumah-rumah penduduk… harusnya dari dulu sudah disosialisasikan untuk tidak menutupi memonopoli pantai menjadi halaman pribadi. Kebanyakan rumah-rumah itu adalah rumah nelayan, sehingga penting buat mereka bangun rumah yang sedekat mungkin dengan lautšŸ˜€.

Pantai-pantai yang punya kekayaan bawah laut yang luar biasa, ramai dikunjungi oleh bule dan non bule tapi tetap bukan turis domestik. Bahkan operator penyelenggara wisata bawah laut ini juga banyak yang bukan warga lokal… duh. Kesimpulannya walaupun kita adalah negara maritim tapi rakyatnya tidak punya hobby melaut kecuali untuk kepentingan mencari ikan untuk kehidupan alias nelayan.. duh lagi. Mudah-mudahan itu kesimpulan yang salah mengingat dalam sejarah keluargaku, kok gak ada yang hobby diving dan sejenisnya.

Selera setiap orang pasti berbeda, tapi selera indahku adalah pantai-pantai yang indah kalau dipandang hasil foto-fotonya, biasanya punya warna laut yang biru atau hijau, makin hijau makin keren, berarti lautnya dangkal dan bening berpasir putih. Lebih bagus lagi kalau ada dermaga kayu yang menjorok jauh ke laut tempat perahu menurunkan penumpangnya, apalagi kalau dari dermaga itu kelihatan matahari nongol atau tenggelam. Lebih jatuh cinta lagi kalau ada perahu kecil yang terapung-apung di laut. Itu yang namanya mainstream photograph…šŸ˜

Lucunya lagi… pantai-pantai yang indah adalah pantai yang belum ditata oleh pemerintah daerah setempat… kebanyakan lho, ada juga kok yang tetap indah walaupun sudah ditata (sudah seharusnya dong). Ingat negara tetangga sebelah yang punya pantai biasa-biasa saja, tapi dikemas canggih dalam industri pariwisatanya, sehingga wisatawan pasti berkunjung ke pantainya yang biasa saja itu. Tapi memang tidak mudah untuk menata daerah wisata di Indonesia, bayangkan untuk sampai ke pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur, wisatawan konon harus melintasi udara, laut, darat… tinggal kepolisian aja yang belum, pemerintah daerah tidak punya kuasa untuk mengatur semuanya, menyangkut kebijakan pemerintah pusat bekerja sama dengan BUMN yang menjadi operator penerbangan. Kalau yang beginian susah studi bandingnya, apalagi kalau yang studi banding adalah yang mulia anggota yang tidak pernah bikin laporan perjalanan studi bandingšŸ™ˆ. Yah sudahlah… mending share foto-foto pantai indah supaya yang lain ngiri dan ikutan berkunjung dan ramailah daerah wisata kita dengan wisatawan domestik.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s